Fadhilah & Tata Cara Puasa Syawal

Travel umroh kini harus mulai berbenah. Nah, di tahun 2020 ini sudah ada aplikasi umroh bernama MuslimPergi yang bisa Anda gunakan. Biro travel umroh Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk agen maupun jamaahnya. 

Apa saja keunggulan aplikasi ini?  

1.     Aplikasi jamaah memuat banyak fitur all-in. Ada menu komplit paket keberangkatan, jadwal sholat, info pemesanan, panduan manasik, radio, bahkan hingga video call dengan keluarga di tanah air. 

2.     Aplikasi agen yang punya menu seperti detail info umroh, paket, harga tiket, hingga itinerary. Menu ini bisa digunakan untuk membantu agen memberikan pelayanan awal kepada jamaah umroh.  

Tunggu apalagi? Segera ubah cara konvensional Anda dalam menjalankan travel umroh ke dalam bentuk digital. Memudahkan jamaah umroh dengan aplikasi travel umroh akan membuat bisnis Anda dilirik banyak orang.

 1 Syawal ditetapkan sebagai hari raya Idhul Fitri bagi umat Islam. Pada hari ini, semua umat Islam di dunia saling bersuka cita menyambut kemenangan. Tapi ketika sudah masuk tanggal 2 Syawal, ada 1 amalan yang sayang jika dilewatkan, karena pahalanya sangat besar.  Tanggal 2-7 Syawal adalah waktu untuk melakukan puasa sunnah. Namanya adalah puasa Syawal yaitu puasa yang dilakukan 6 hari pada bulan tersebut. Puasa ini dimaksudkan untuk mempertahankan dan bahkan meningkatkan amalan yang sudah dilakukan pada saat puasa.  

Ketentuan Puasa Syawal

1.Waktunya Selama 6 Hari di Bulan Syawal 

Puasa ini paling utama dilakukan selepas Idhul Fitri. Tapi jika tidak memungkinkan, maka seorang Muslim bisa melakukannya di lain waktu, selama masih dalam bulan Syawal. Anda bisa menjalankannya di awal, tengah, maupun akhir bulan.  

2.Sebaiknya Berurutan 

Puasa Syawal ini sebaiknya dilakukan berurutan selama 6 hari. Tapi jika Anda berhalangan, puasanya bisa dilakukan berselang-seling sampai totalnya ada 6 hari.  

3.Utamakan Hutang Puasa Dulu 

Jika Anda masih punya tanggungan hutang puasa wajib, maka niatkan dulu untuk membayar hutang tersebut. Membayar hutang puasa di bulan Syawal juga lebih utama, karena kewajiban segera dilakukan.  Kemudian jika hutang puasa wajib sudah tuntas, barulah Anda bisa menjalankan puasa Syawal. Hal ini bisa membuat puasa Syawal Anda lebih berkah, dibandingkan jika hutang puasa belum dibayarkan.  

4.Niat Puasa Syawal 

Niat puasa Syawal bisa diucapkan ketika malam hari. Tapi jika Anda lupa, niat ini juga bisa diucapkan pada pagi hingga siang hari. Dasar ketentuan ini adalah aturan bahwa niat puasa yang dilakukan pada malam hari hanyalah puasa wajib.  Begini niat yang harus Anda lantunkan: Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i sunnatis Syawwali lillahi ta’ala.

Keutamaan dari Puasa Syawal

  1. Pahala Puasa 1 Tahun 

Seorang Muslim yang berpuasa selama 6 hari di bulan Syawal akan mendapatkan keutamaan pahala. Keutamaan dari puasa Syawal yang utama adalah pahala layaknya menjalankan puasa selama 1 tahun penuh. Ketentuan ini sudah dimuat dalam H.R. Muslim No. 1164.  

2.Penyempurna Ibadah Wajib 

Puasa Syawal ternyata juga bisa menyempurnakan ibadah yang dilakukan saat bulan Ramadhan. Amalan sunnah memang punya manfaat untuk menutupi kekurangan yang mungkin saja terjadi pada ibadah wajib umat Muslim.  

3.Tanda Amal Diterima 

Ibadah umat Muslim yang dilakukan selama Ramadhan telah diterima oleh Alloh SWT. Kemudian umat Muslim diharuskan untuk menjalankan amalan lainnya yaitu puasa Syawal. 

4.Amalan 10X Lipat 

Selama menjalankan puasa sunnah ini, semua amalan baik yang Anda lakukan bernilai 10x pahala. Puasa ini juga bisa mendatangkan pertolongan Alloh SWT.  

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *